“The spirit of Breakthrough” Berhasil membakar semangat MABA FTK UNIKS

The spirit of Breakthrough merupakan tema yang diangkat oleh civitas akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Kuantan Singingi dalam membangkitkan gelora semangat mahasiswa baru (MABA) tahun akademik 2017/2018. Pimpinan FTK, Bapak Bustanur, S. Ag., M. Us mendatangkan langsung Dr. Rizaldi Putra, MBA yang merupakan salah satu motivator Indonesia terbaik sekaligus dosen disalah satu Universitas ternama. Selain itu, yang menjadi spirit tambahan adalah dengan dibukanya kegiatan tersebut  langsung oleh Rektor Universitas Islam Kuantan Singingi yang diwakili oleh Warek II bapak Drs. H. Sarmidin, M. Pd. I.

Sebagai seorang motivator, tentu menjadi hal yang tidak sulit bagi sosok Dr. Rizaldi, MBA untuk mencairkan suasana. Keahlian yang beliau miliki, tentu berhasil membuat suasana ruangan yang dikemas dalam bentuk Kuliah Umum tersebut menjadi menarik dan menyenangkan. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme mahasiswa beserta dosen untuk mengikuti kegiatan tersebut yang membludak sampai luar ruangan aula FTK yang memiliki kapasitas 300 orang. Ya, 2 oktober 2017 menjadi awal bagi mahasiswa baru dan seluruh yang hadir untuk bersama-sama berkomitmen membuat terobosan baru agar menjadi pribadi yang berkualitas.

Pada kesempatan tersebut, beliau juga menekankan bahwa ada empat point yang mendasari The spirit of Breakthrough, yaitu change, yes I can, Leadership, dan Breakthrough. Tanpa adanya Change (perubahan) dalam diri maka sulit untuk mencapai Breakthrough. Perubahan seperti apa yang dimaksud? Yaitu perubahan pola pikir. Pola pikir yang dibentuk oleh setiap manusia akan berdampak pada karakter yang muncul dalam diri manusia tersebut. Jika pola pikirnya salah, maka karakter yang munculpun akan salah begitu pula sebaliknya. Yes, I can merupakan kalimat sederhana namun memberikan arti yang mendalam, dimana kalimat tersebut menekankan bahwa setiap orang harus memiliki prinsip bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk bisa dilakukan, semua orang bisa melakukan apapun asalkan selalu fokus dan serius. Leadership merujuk pada kepemimpinan, dimana setiap orang harus memiliki jiwa kepemimpinan yang arif dan bijaksana serta mau mendengarkan pendapat orang lain sehingga dengan adanya tiga komponen tersebut, secara bersama-sama barulah terwujud Breakthrough.

Pada kalimat penutupnya, beliau menyampaikan ucapan terimakasihnya karena telah diberi kesempatan untuk berdiri didepan Mahasiswa Baru (MABA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi. Beliau memiliki harapan besar kepada mahasiswa yang hadir pada saat itu untuk bisa memberikan warna pada negara ini. Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiswa menjadi terbuka pikirannya untuk menemukan hal baru yang dapat memberikan dampak perubahan bagi dirinya maupun orang lain serta berharap semoga kedepannya silahturahmi ini tetap terjalin dalam bentuk kegiatan lainnya. Tentu hal tersebut disambut hangat oleh Bapak Bustanur, S. Ag., M. Us selaku pimpinan FTK.(dpm/ny)

Vidio kuliah umum & seminar motivasi bisa dilihat dilink berikut:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.